LOMBA MENULIS ESAI, KARYA JURNALISTIK, DAN DESAIN POSTER

TEMA AGRARIA DAN PENDIDIKAN

I. Latar Belakang

Pertanyaannya adalah “kenapa ya, mahasiswa dulu sama sekarang sangat berbeda? Mahasiswa dulu senang dan militan ketika diajak kumpul-kumpul dan berdiskusi atau melakukan kegiatan-kegiatan akademik lainnya, sangat berbeda dengan mahasiswa sekarang. Coba lihat saja, dipojok-pojok sana mereka hanya bergerombol, mempergunjingkan hal-hal yang tidak ada kaitannya sekali dengan dunia akademik apalagi dunia sosial politik. Lihat beberapa mahasiswa yang di sana yang sudah hampir separuh waktunya dihabiskan untuk genjreng-genjreng menyanyikan lagu cinta-cintaan ala ABG (Anak Baru Gede), atau lihat gerombolan mahasiswa yang di sana yang kumpul-kumpul, menenggak Anggur Cap Orang Tua (AO) sambil bermain kartu, atau lihat lah tawuran mahasiswa yang terjadi lantaran ingin mendapatkan merk jagoan dalam kepribadiannya yang narsistik, atau lihat saja seorang mahasiswa yang telah memecahkan kaca sebuah ruang diskusi lantaran otaknya yang telah terfilistinisasi… dan lain-lain, dan sebagainya…”

Hilangnya tradisi akademik khususnya yang berkaitan dengan literasi dari mahasiswa tersebut yang seharusnya menjadi ancaman bagi sebuah bangsa. Karena letak kemajuan peradaban salah satunya dari kemajuan budaya literasi generasi mudanya, yaitu budaya membaca dan menulis. Selain itu, kaum muda juga tidak boleh terasing dari persoalan rakyat dan yang bersangkut paut dengan situasi sosial politik. Karena di pundak generasi muda, yang akan bertanggung jawab melanjutkan perjuangan pembebasan rakyat melawan penindasan sistem kapitalisme.

Bisa disimak di sudut-sudut kampus, budaya diskusi dan literasi terutama yang menyangkut persoalan rakyat, seperti problematika sektor agraria dan sektor pendidikan, semakin miskin peminat. Ruang-ruang akademik yang menyentuh topik itu pun sangat sedikit. Oleh karena itu, mayoritas generasi muda kurang peka, kritis dan responsif menanggapi persoalan agraria dan pendidikan.

Bertepatan dengan momentum Peringatan Lahirnya UUPA yang ke-55 (22 September) dan Hari Lahir Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) yang ke-9 (17 Agustus), Komite Pimpinan Pusat SMI bekerja sama dengan Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) menyelenggarakan lomba menulis esai, karya jurnalistik dan desain poster bertema Agraria dan Pendidikan. Tujuan perlombaan ini, agar generasi muda, khususnya mahasiswa dapat menuangkan kreatifitas dan daya kritisnya terhadap persoalan agraria dan pendidikan.

II. Tema
Lomba menulis esai, karya jurnalistik dan desain poster kali ini mengusung tema “Kapitalisme Merampas Hak Rakyat”
Setiap karya dipersilahkan memuat tentang isu-isu seputar sektor Agraria dan Pendidikan. Peserta diperbolehkan mengembangkan subtema atau topik karya, selama masih berkaitan dengan isu Agraria dan Pendidikan.

III. Tujuan

a. Agar generasi muda dapat menyalurkan kreatifitas dan daya kritis melalui media menulis dan desain grafis;
b. Sebagai media pendorong dan motivasi agar generasi muda tertarik memahami dan mendalami serta menambah wawasan mengenai isu-isu Agraria dan Pendidikan;
c. Menumbuhkan kembali pribadi yang sadar sosial dan peduli terhadap isu-isu rakyat;
d. Menyemarakkan peringatan 55 tahun lahirnya UUPA sebagai momentum Hari Tani Nasional;
e. Menyemarakkan peringatan Hari Lahir Serikat Mahasiswa Indonesia yang ke-9, sebagai organisasi mahasiswa yang konsisten di perjuangan melawan kapitalisasi pendidikan.

VI. Kategori Lomba

1. Penulisan Esai (ES)

Esai yang dikirim sesuai berkesesuaian dengan tema. Esai yang dikirim tidak mengandung unsur pornografi maupun SARA. Esai ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD), dengan batas minimal 2000 dan maksimal 3000 kata (tidak termasuk referensi).

Ukuran kertas A4, margin masing-masing 3 cm. Font Times New Roman; ukuran 12pt; line spacing 1,5; Alignment Justify (rata kiri-kanan).

Naskah esai terdiri dari:
– Pendahuluan berisi pengantar dan latar belakang masalah.
– Pembahasan berupa pemaparan gagasan, masalah, dan solusinya.
– Penutup berupa kesimpulan esai.
– Daftar Pustaka

Format nama file : Kode Kategori Nama lengkap Judul karya
Dikirim ke : serikat_mahasiswa@yahoo.co.id

Hadiah :
Akan dipilih 2 pemenang untuk mendapatkan hadiah total Rp 1.000.000,-

2. Penulisan Reportase (RE)

Karya berupa tulisan dalam bentuk reportase. Karya harus mengandung kesesuaian dengan tema serta menggunakan teknik reportase jurnalistik yang baik. Karya mengandung unsur edukasi dan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan komunikatif.

Reportase ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD), dengan batas minimal 150 dan maksimal 350 kata. Ukuran kertas A4, margin masing-masing 3 cm. Font Times New Roman; ukuran 12pt; line spacing 1,5; Alignment Justify (rata kiri-kanan).

Format nama file : Kode Kategori Nama lengkap Judul karya
Dikirim ke : serikat_mahasiswa@yahoo.co.id

Hadiah :
Akan dipilih 2 pemenang untuk mendapatkan hadiah total Rp 1.000.000,-

3. Desain Poster (PO)

Karya tidak bersifat SARA. Ukuran poster A3, format poster .JPEG atau .PDF
Ukuran file maksimal 5 MB. File asli memakai format RGB.

Poster harus memenuhi kriteria berikut :
Visible / mudah dilihat
Interesting / menarik
Structured / terstruktur
Useful / berguna, informatif
Accurate / teliti
Legitimate . mengikuti persyaratan
Simple / sederhana

Format nama file : Kode Kategori Nama lengkap Judul karya
Dikirim ke : serikat_mahasiswa@yahoo.co.id

Hadiah :
Akan dipilih 2 pemenang untuk mendapatkan hadiah total Rp 1.000.000,-

V. Dewan Juri

1. Kristin Samah (penulis)
2. Neneng Zubaidah (wartawan SINDO)
3. Dewi Kartika (KPA)
4. Fuadudin (KPP DPP SMI Periode 2012-2014)

VI. Syarat dan Ketentuan
Berikut syarat dan ketentuan mengikuti kompetisi :
a. Seluruh mahasiswa strata maupun diploma yang masih aktif di perguruan tinggi Indonesia, dan seluruh anggota Serikat Mahasiswa Indonesia.
b. Setiap karya harus berhubungan dengan tema
c. Harus merupakan hasil karya milik sendiri, bukan karya orang lain dan belum pernah dipublikasikan
d. Peserta boleh mengirim maksimal 2 karya per kategori lomba.
e. Semua karya yang masuk akan menjadi hak milik panitia penyelenggara, dan apabila layak dimuat dalam Buletin KPA dan Buletin Mahasiswa Berjuang.
f. Peserta tidak dipungut biaya apapun.
g. Keputusan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pemenang hanya bisa memenangkan satu kategori saja.
h. Setiap karya harus dilampiri biodata lengkap penulis, nomer rekening bank, lampiran scan KTP dan lampiran scan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) atau KTA SMI (Kartu Tanda Anggota) yang masih berlaku.
i. Karya dikirim ke alamat email : serikat_mahasiswa@yahoo.co.id
j. Deadline pengiriman karya diperpanjang s.d 2 November 2015, pukul 00.00 WIB

Info lebih lanjut hubungi Nuy : 0812 8966 8068
Ky : 0857 7903 0633

VII. Waktu Pelaksanaan

Pengiriman karya : 21 Agustus s.d 2 November 2015

Penjurian : 4 November s.d 7 November 2015

Pengumuman Pemenang akan dilakukan tanggal 9 November 2015.



« (Previous News)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *