Reportase Aksi Serentak Nasional SMI

Aksi Serentak Nasional (SMI Doc)

Aksi Serentak Nasional (SMI Doc)

Sebagai alat perjuangan mahasiswa yang konsisten di garis perjuangan massa, Serikat Mahasiswa Indonesia merefleksikan Hari Lahir yang ke XI dengan melakukan aksi serentak nasional dalam memblejeti sistem kapitalisme yang makin mencengkeram dan merampas hak hidup rakyat.

Aksi Serentak Nasional SMI ini mengusung tema “Bangun Persatuan Gerakan Rakyat Melawan Liberalisasi Ekonomi dan Rezim Anti Demokrasi” yang di laksanakan secara serentak oleh seluruh anggota Serikat Mahasiswa Indonesia di berbagai Daerah.

Sulton Umar, Sekretaris Jendral Komite Pimpinan Pusat SMI menyatakan bahwa aksi serentak nasional ini bertujuan untuk menunjukan gelora perlawanan SMI di Indonesia yang mengkritisi situasi nasional akibat kebijakan yang semakin menyengsarakan rakyat. Sulton menegaskan bahwa posisi SMI sebagai Alat Perjuangan Mahasiswa adalah sebagai pelopor perubahan dengan mengkampanyekan situasi objektif hari ini kepada seluruh rakyat agar tidak terilusi oleh hegemoni Kapitalisme.

“Hari ini (22 Agustus) SMI dengan tegas menyatakan bahwa pemerintahan Jokowi-JK tidak berpihak terhadap rakyat dengan kebijakan pencabutan Subsidi secara bertahap (Listrik, BBm dll), penggusuran, kriminalisasi dan berbagai kebijakan yang hanya memperlancar arus investasi modal yang anti rakyat”. Dia juga menambahkan bahwa pemerintah semakin menunjukan wajah aslinya sebagai penjaga kaum modal dengan diterbitkannya Perppu Ormas nomor 2 tahun 2017 yang melegitimasi pemerintah untuk membubarkan organisasi tanpa melalui proses hukum yang jelas.

Sulton menyoroti peran pemerintah yang semakin mengekang demokrasi dan mengaitkannya dengan partisipasi rakyat dalam mengawasi kinerja pemerintah secara langsung. “perjuangan rakyat dan mahasiswa pada era reformasi yang sampai memakan korban jiwa untuk merebut demokrasi dari rezim orde baru yang dikenal otoriter harus musnah dengan terbitnya Perppu Ormass ini” terangnya.

Jakarta

Aksi Serntak Nasional di Jakarta (SMI Doc)

Aksi Serntak Nasional di Jakarta (SMI Doc)

SMI Cabang Jakarta, KP. Bekasi dan KP. Tangerang melakukan aksi serentak nasional bersama di Istana Negara. Sekitar 50 orang massa aksi yang tergabung dalam Komite Perjuangan Rakyat (FPBI, SMI Cabang Jakarta, KP. Bekasi, KP. Tangerang) melakukan long march dan mimbar bebas dari patung kuda menuju depan Istana Negara (taman aspirasi) menyampaikan berbagai orasi terkait situasi nasional. Aksi yang dipimpin oleh Ernt Faisal (SMI Cabang Jakarta) ini dimulai pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Yogyakarta

SMI Cabang Yogyakarta melakukan aksi sehari sebelum aksi serentak nasional (21 Agustus) dengan melakukan longmarch yang dimulai pukul 10.00 WIB dari ABA menuju DPRD untuk melakukan mimbar bebas dengan menyampaikan orasi dan dilanjutkan menuju Kantor Gubernur DI Yogyakarta, Pasar Bringharjo dan berakhir di titik 0 KM Kota Yogyakarta.

Dalam aksinya, SMI Cabang Yogyakarta selain menyampaikan orasi ilmiah juga mengadakan teatrikal dan mengecat tubuh sebagai simbol perlawanan terhadap sistem yang semakin membodohi. Mardon, Koordinator Lapangan menyatakan bahwa pemerintahan yang pro terhadap Sistem Kapitalisme adalah akar dari berbagai permasalahan di negri ini yang melahirkan produk kebijakan anti rakyat.

Aksi SMI Cabang Yogyakarta (SMI Yogyakarta Doc)

Aksi SMI Cabang Yogyakarta (SMI Yogyakarta Doc)

Aksi yang dihadiri sekitar 30 orang massa anggota SMI ini juga menyoroti sistem pendidikan yang semakin anti demokrasi, mereka mengkritisi maraknya Drop Out yang dilakukan oleh lembaga pendidikan yang mengabaikan hak demokrasi peserta didik. “Pendidikan bukan lagi sebagai alat mencerdaskan bangsa, namun telah berubah menjadi alat pencetak robot yang patuh terhadap penguasa dan pengusaha” teriak mardon.

Makassar

Merefleksikan Harlah SMI ke XI di Kota Makassar, SMI cabang Makassar melakukan konvoi dengan menggunakan sepeda motor dimulai dari depan kampus UNISMUH sekitar pukul 10.00 Wita menuju Bundaran Hertasning untuk melakukan mimbar bebas. Aksi yang dipimpin oleh Sahar (korlap) ini diikuti oleh sekitar belasan orang anggota SMI Cabang Makassar sampai pukul 12.00 Wita dan kembali menuju tempat awal berkumpul untuk melakukan evaluasi.

Mimbar Bebas SMI Cabang Makassar (SMI Doc)

Mimbar Bebas SMI Cabang Makassar (SMI Doc)

Medan

SMI Cabang Medan merefleksikan Harlah SMI ke XI dengan melakukan aksi selebaran sebagai rangkaian aksi serentak nasional. Aksi yang diikuti oleh belasan anggota SMI Cabang Medan tersebut membagikan selebaran kepada pembeli dan penjual di pasar mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan selesai.

Tidore

Merefleksikan Harlah SMI ke XI SMI Cabang Tidore juga melakukan aksi pembagian selebaran dan mimbar bebas di cabang empat lampu merah galala. Aksi dilakukan sekitar pukul 08.30 WIT sampai pukul 12.00 WIT. Sekitar belasan anggota SMI Cabang Tidore ini menyoroti persoalan pendidikan dan demokrasi di Indonesia khususnya di kota Tidore yang semakin memarjinalkan rakyat.

Pembagian selebaran (SMI Doc)

Pembagian selebaran (SMI Doc)

Ternate

Di kota Ternate, SMI Cabang Ternate yang dipimpin kawan Fatur (korlap) merefleksikan aksi serentak nasional dengan membagikan selebaran keliling kampus STKIP, UMMU dan UNKHAIR. Aksi dimulai sekitar pukul 10.00 WIT hingga pukul 12.00 WIT yang menyoroti Perppu Ormass dan berbagai kebijakan daerah yang anti demokrasi.

Luwuk

SMI Cabang Luwuk melakukan aksi pembagian selebaran di berbagai tempat keramaian di luwuk agar persoalan nasional bisa tersampaikan dengan ilmiah kepada seluruh lapisan masyarakat luwuk. Aksi pembagian selebaran yang dimulai sekitar pukul 10.30 Wita ini diikuti oleh belasan anggota SMI Cabang Luwuk dalam rangkai refleksi Hari Lahir SMI ke XI.

Selain beberapa kota tersebut, aksi serentak nasional juga dilakukan di Mataram, Bima, Kediri, Surabaya, Lampung, Pekalongan, Sumbawa dan Morotai. (CN)

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *